zephrofeel – Baru-baru ini, buah salju alias buah es krim alias Inga Edulis ramai dibicarakan terutama dikalangan para konten kreator yang berkecimpung di dunia kuliner, karena memilik bentuk yang unik dengan daging buah berwarna putih lembut seperti kapas.

Buah ini banyak ditemukan di daerah Bedugul, Bali, dan sudah menjadi buah khas mereka. Pohon Buah Salju Bali memiliki ciri khas yang mudah dikenali. Tumbuh dengan batang yang merambat atau menjalar, daunnya berbentuk bulat dan berwarna hijau tua.

Bunganya kecil dan putih, mirip dengan bunga stroberi pada umumnya. Buahnya, yang disebut sebagai buah salju, memiliki bentuk bulat dan kulit yang tipis dengan warna putih bersih, menyerupai lapisan salju yang menutupinya.

Selain daging buah yang seperti kapas, rasa buah salju Bali yang manis dengan sentuhan keasaman yang menyegarkan, membuatnya cocok untuk berbagai jenis hidangan. Tidak hanya lezat, buah salju juga memiliki segudang manfaat yang dibutuhkan tubuh. Manfaat buah salju tersebut diperoleh dari kandungan nutrisi, vitamin, dan senyawa baik yang terdapat dalamnya.

Sebelum membahas apa saja manfaat buah salju, mari kita bahas dulu kandungan nutrisi, vitamin, dan senyawa baik yang terdapat dalamnya.

Kandungan Buah Salju

Kandungan Nutrisi Buah Salju

  • Vitamin C Tinggi 
  • Serat 
  • Kalium
  • Antioksidan
  • Kalsium dan Fosfor
  • Vitamin A

Vitamin yang Terkandung dalam Buah Salju

  • Vitamin C (Asam Askorbat)
  • Vitamin A (Beta-Karoten)
  • Vitamin K
  • Vitamin E (Tokoferol)

Senyawa Bioaktif dalam Buah Salju

  • Flavonoid: Flavonoid adalah senyawa antioksidan yang dapat membantu melawan peradangan dan mendukung kesehatan jantung.
  • Karotenoid: Karotenoid, termasuk beta-karoten, memberikan warna pada buah salju dan berkontribusi pada kesehatan mata dan kulit.
  • Asam Folat: Asam folat penting untuk pembentukan sel-sel darah dan mendukung pertumbuhan sel tubuh yang sehat.
  • Tanin: Tanin adalah senyawa dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Manfaat Buah Salju untuk Kesehatan

Buah Salju, dengan kecantikan dan kelembutan yang mengingatkan pada lapisan salju yang halus, tidak hanya menjadi pemandangan yang menggoda tetapi juga menyimpan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Berikut manfaat buah salju yang diperoleh jika dikonsumsi secara teratur.

1. Manfaat Buah Salju untuk Sistem Kekebalan Tubuh
Buah Salju kaya akan vitamin C, nutrisi yang sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C berperan dalam produksi sel darah putih, yang bertanggung jawab melawan infeksi dan menjaga tubuh tetap sehat. Dengan mengonsumsi buah salju, kamu dapat membantu melindungi diri dari serangan penyakit dan infeksi.

2. Menyediakan Antioksidan yang Kuat
Manfaat Buah Salju berikutnya adalah sebagai pemasok antioksidan. Antioksidan dalam buah salju melibatkan senyawa-senyawa seperti flavonoid, karotenoid, dan vitamin C. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, mengurangi risiko kerusakan sel dan proses penuaan dini. Dengan kata lain, buah salju dapat berperan sebagai perisai alami untuk menjaga sel-sel tubuh kamu tetap sehat.

3. Manfaat Buah Salju untuk Kesehatan Jantung
Buah Salju mengandung kalium, mineral yang membantu menjaga tekanan darah dalam batas normal. Dengan mempertahankan tekanan darah yang sehat, kamu dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kondisi kardiovaskular lainnya. Selain itu, kandungan serat dalam buah salju juga dapat mendukung kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol jahat.

4. Manfaat Buah Salju untuk Pencernaan
Serat, yang melimpah dalam buah salju, berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit dan mengatur gerakan usus, menjaga fungsi pencernaan tetap lancar. Dengan mengonsumsi buah salju, kamu dapat mempromosikan pencernaan yang sehat dan menghindari masalah pencernaan yang umum.

5. Manfaat Buah Salju untuk Kesehatan Mata
Kandungan vitamin A dan beta-karoten dalam buah salju berperan penting dalam mendukung kesehatan mata. Vitamin A dikenal sebagai nutrisi yang esensial untuk retina mata, sementara beta-karoten dapat membantu mencegah masalah penglihatan terkait dengan usia.

6. Penyokong Kesehatan Tulang yang Efektif
Kalsium dan fosfor, dua mineral utama yang terdapat dalam buah salju, mendukung kesehatan tulang dan gigi. Kalsium membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan struktur tulang, sementara fosfor berperan dalam penyerapan kalsium. Mengonsumsi buah salju secara teratur dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah risiko osteoporosis.

7. Efek Anti-inflamasi yang Alami
Senyawa-senyawa bioaktif dalam buah salju, seperti flavonoid dan tanin, memiliki sifat anti-inflamasi. Ini dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh, mengurangi risiko penyakit inflamasi seperti arthritis, dan mempromosikan kesehatan secara keseluruhan.