zephrofeel – Penyakit asam urat adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan peradangan dan nyeri pada sendi. Meskipun asam urat adalah zat alami yang dihasilkan oleh tubuh, kadar yang tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Apa penyebab asam urat? Penyebab asam urat cukup beragam, dimulai dari makanan, genetik, hingga gaya hidup. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, agar terhindar dari penyakit asam urat.

Ada beberapa buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat dan yang boleh. Mau tahu buah untuk asam urat apa saja? Mau tahu buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat? Dari pada semakin penasaran, berikut beberapa rekomendasi buah untuk asam urat dan buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat.

Buah untuk Asam Urat

1. Jeruk dan Jeruk Nipis
Rekomendasi buah untuk asam urat yang pertama adalah jeruk dan jeruk nipis. Jeruk dan jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat membantu melarutkan kristal asam urat dalam tubuh. Konsumsi jeruk segar atau perasan jeruk nipis dalam air hangat dapat membantu menjaga kadar asam urat tetap terkendali.

2. Strawberry
Buah untuk asam urat berikutnya adalah strawberry. Strawberry mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi strawberry segar dapat menjadi pilihan camilan yang sehat bagi penderita asam urat.

3. Kiwi
Kiwi adalah buah yang kaya serat, vitamin C, dan antioksidan. Seratnya membantu dalam pencernaan yang baik, sedangkan vitamin C dan antioksidannya dapat membantu mengurangi risiko flare-up asam urat.

4. Buah Ceri
Buah ceri, terutama ceri hitam juga menjadi salah satu buah untuk asam urat karena terkenal memiliki kemampuan mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Senyawa antiinflamasi alami yang terdapat dalam ceri dapat membantu meredakan peradangan dan nyeri yang terkait dengan asam urat.

5. Pisang
Pisang adalah buah rendah purin yang dapat menjadi pilihan aman bagi penderita asam urat. Kandungan vitamin B6 di dalamnya juga dapat membantu dalam mengatur produksi asam urat.

6. Nanas
Nanas mengandung bromelain, enzim yang dapat membantu dalam pencernaan dan mengurangi peradangan. Meskipun mengandung asam, buah ini umumnya dianggap aman bagi penderita asam urat.

7. Mangga
Rekomendasi buah untuk asam urat selanjutnya ialah Mangga. Mangga mengandung vitamin C dan serat yang dapat membantu menjaga kesehatan sendi dan mengurangi risiko flare-up asam urat. Konsumsi dalam jumlah terbatas dapat menjadi pilihan yang baik.

8. Melon
Melon, seperti melon cantaloupe, juga merupakan buah untuk asam urat karena memiliki kandungan air tinggi dan rendah purin, menjadikannya buah yang menyegarkan dan aman bagi penderita asam urat.

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

1. Buah Anggur
Anggur, terutama jenis anggur merah merupakan salah satu buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat karena mengandung zat kimia bernama resveratrol. Meskipun resveratrol memiliki sifat antioksidan, namun pada beberapa individu, senyawa ini dapat meningkatkan produksi asam urat.

2. Pisang
Buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat selanjutnya ialah pisang. Meskipun pisang umumnya dianggap sebagai buah yang sehat, namun penderita asam urat sebaiknya mengonsumsinya dengan bijak. Pisang mengandung senyawa purin yang dapat diubah menjadi asam urat.

3. Nanas
Nanas memiliki kandungan asam yang tinggi, yang dapat meningkatkan keasaman dalam tubuh. Ini dapat memicu peningkatan produksi asam urat dan meningkatkan risiko gejala asam urat.

4. Durian
Durian, buah dengan aroma yang khas, sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat. Durian mengandung purin dan kalium yang dapat berkontribusi pada peningkatan kadar asam urat.

5. Pepaya
Buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat berikutnya yakni Pepaya. Meskipun kaya akan serat dan nutrisi, kandungan enzim papain pada pepaya dapat meningkatkan produksi asam urat. Oleh karena itu, penderita asam urat sebaiknya membatasi konsumsi pepaya.