zephrofeel - Beras merah, atau yang sering disebut sebagai beras coklat, merupakan salah satu varietas beras yang semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dibandingkan dengan beras putih biasa, beras merah memiliki banyak keunggulan dari segi gizi dan manfaat kesehatan.

Beras merah yang masih merupakan spesies Oryza sativa menjadi sumber karbohidrat utama, juga menyimpan kekayaan nutrisi yang tak dapat diabaikan. Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan ketika mengonsumsi beras merah adalah kandungan kalorinya. Berikut kalori beras merah:

• Jumlah Kalori Beras Merah

Sekitar 100 gram beras merah mengandung sekitar 130-150 kalori. Namun, jumlah ini dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti cara memasak, tambahan bahan, dan jenis beras merah tertentu.

Beras merah memiliki lebih banyak serat, vitamin, dan mineral daripada beras putih, dan sumber energi ini dapat mendukung kebutuhan tubuh dengan cara yang lebih seimbang.

• Karbohidrat Sehat

Sebagian besar kalori dalam beras merah berasal dari karbohidrat kompleks, yang memberikan energi tahan lama dan membantu menjaga tingkat gula darah tetap stabil. Karbohidrat sehat ini juga mendukung fungsi otak, sistem saraf, dan aktivitas fisik sehari-hari.

• Serat untuk Kesehatan Pencernaan

Beras merah kaya akan serat, yang tidak hanya memberikan rasa kenyang lebih lama, tetapi juga membantu menjaga kesehatan pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, mengatur penyerapan gula darah, dan mendukung metabolisme yang sehat.

• Protein Nabati yang Berkualitas

Kandungan beras merah lainnya adalah protein nabati, meskipun dalam jumlah yang lebih rendah dibandingkan dengan sumber protein nabati lainnya. Meskipun begitu, konsumsi beras merah sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dapat memberikan tambahan protein yang bermanfaat, terutama untuk mereka yang mengadopsi pola makan nabati.

Manfaat Beras Merah

Menggantikan beras putih biasa dengan beras merah dapat membawa sejumlah manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Berikut sederet manfaat beras merah bagi tubuh.

1. Kaya akan Serat

Beras merah merupakan sumber serat yang luar biasa. Serat membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan mencegah sembelit dan mempromosikan pergerakan usus yang sehat. Selain itu, serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol gula darah, menjadikannya pilihan makanan yang baik untuk pencegahan penyakit jantung dan diabetes.

2. Mendukung Penurunan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi dalam beras merah dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk makan berlebihan. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan atau menjaga berat badan yang sehat.

3. Menyediakan Energi Berkelanjutan

Beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi bertahap. Ini membantu menjaga tingkat energi yang stabil sepanjang hari dan mengurangi fluktuasi gula darah. Konsumsi beras merah dapat memberikan dukungan yang baik untuk aktivitas fisik dan mental sehari-hari.

4. Kaya akan Nutrisi Penting

Beras merah bukan hanya sumber karbohidrat, tetapi juga menyediakan sejumlah nutrisi penting. Ini termasuk vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B6), zat besi, magnesium, fosfor, selenium, dan antioksidan. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tulang, sistem saraf, dan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Konsumsi beras merah telah terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung. Serat, fitonutrien, dan antioksidan dalam beras merah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL (kolesterol jahat), serta menjaga tekanan darah dalam rentang normal.

6. Mendukung Kesehatan Kulit

Antioksidan yang terkandung dalam beras merah dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks juga penting untuk kesehatan kulit dan rambut yang optimal.

7. Mengandung Antiinflamasi Alami

Beras merah memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit inflamasi, seperti arthritis, dan mendukung kesehatan sendi.

Itulah manfaat beras merah yang wajib kamu ketahui. Jika kamu mengalami salah satu penyakit yang disampaikan di atas, segeralah mengganti asupan karbohidrat kamu dengan beras merah.