ZEPHROFEEL.COM – Buah cermai (Averrhoa bilimbi) berasal dari wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Tumbuhan ini termasuk dalam keluarga Oxalidaceae dan sering ditemukan di daerah tropis yang lembap.

Pohon cermai memiliki ciri khas dengan daun majemuk yang terdiri dari 11-37 daun kecil. Buahnya yang panjang dan ramping, dengan warna hijau ketika masih muda dan berubah menjadi merah atau kuning ketika buah cermai matang, memiliki rasa yang asam segar.

Buah cermai mungkin tidak sepopuler buah-buahan tropis lainnya seperti mangga atau nanas, namun kekayaan manfaat yang tersembunyi di balik warna merah menyala dan rasa segar dari buah ini membuatnya patut mendapat perhatian yang lebih besar.

Apa saja manfaat buah cermai bagi kesehatan tubuh? Sebelum dilanjut, yuk simak dahulu kandungan nutrisi buah cermai berikut:

  • Vitamin C: Buah cermai adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Sebuah studi menyatakan bahwa buah cermai mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Vitamin C dikenal karena perannya dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit.
  • Asam sitrat dan asam oksalat: Kedua asam ini memberikan rasa asam yang khas pada buah cermai. Meskipun asam oksalat dalam jumlah besar dapat menyebabkan batu ginjal pada beberapa orang yang rentan, konsumsi cermai dalam jumlah sedang tidak dianggap berisiko.
  • Serat: Buah cermai mengandung serat, yang penting untuk kesehatan pencernaan dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.
  • Antioksidan: Seperti buah-buahan lainnya, cermai mengandung antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung.
  • Zat besi: Meskipun dalam jumlah kecil, buah cermai juga mengandung zat besi yang penting untuk pembentukan sel darah merah dan transportasi oksigen dalam tubuh.

10 Manfaat Buah Cermai

1. Manfaat Buat Cermai: Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Salah satu manfaat terbesar dari buah cermai adalah kemampuannya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini disebabkan oleh kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah cermai. Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat yang membantu melawan radikal bebas dan infeksi. Dengan mengonsumsi buah cermai secara teratur, kamu dapat membantu tubuh lebih tahan terhadap penyakit dan infeksi.

2. Manfaat Buat Cermai: Mendukung Kesehatan Pencernaan
Buah cermai juga kaya akan serat, yang sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu meningkatkan gerakan usus dan mencegah sembelit. Selain itu, serat juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit pencernaan, seperti divertikulitis dan sindrom usus iritabel. Dengan mengonsumsi buah cermai secara teratur, kamu dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko masalah pencernaan.

3. Manfaat Buat Cermai: Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan serat, antioksidan, dan nutrisi lainnya dalam buah cermai membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Serat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sementara antioksidan membantu melawan peradangan dan kerusakan pada pembuluh darah. Dengan mengonsumsi buah cermai secara teratur, kamu dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Manfaat Buat Cermai: Membantu Menurunkan Berat Badan
Buah cermai memiliki kandungan kalori yang rendah dan kaya akan serat, membuatnya menjadi camilan yang ideal untuk membantu menurunkan berat badan. Serat membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama, sehingga Anda cenderung makan lebih sedikit.

Selain itu, buah cermai juga mengandung banyak air, yang dapat membantu kamu tetap terhidrasi dan merasa kenyang lebih lama. Dengan mengganti camilan yang tinggi kalori dengan buah cermai, kamu dapat membantu mencapai dan menjaga berat badan yang sehat.

5. Manfaat Buat Cermai: Menjaga Kesehatan Kulit
Vitamin C dalam buah cermai memiliki peran penting dalam produksi kolagen, protein yang membantu menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Selain itu, antioksidan dalam buah cermai membantu melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kulit lainnya. Dengan mengonsumsi buah cermai secara teratur, kamu dapat membantu menjaga kulit kamu tetap sehat dan bercahaya.

6. Manfaat Buat Cermai: Melawan Radikal Bebas
Seperti yang disebutkan sebelumnya, buah cermai mengandung antioksidan yang kuat, seperti vitamin C, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Dengan mengonsumsi buah cermai secara teratur, kamu dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

7. Manfaat Buat Cermai: Menurunkan Risiko Kanker
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dalam buah cermai dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker dan mengurangi risiko perkembangan kanker tertentu. Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak DNA sel dan menyebabkan pertumbuhan sel kanker. Dengan mengonsumsi buah cermai secara teratur, kamu dapat membantu melindungi tubuh dari risiko kanker yang disebabkan oleh radikal bebas.

8. Manfaat Buat Cermai: Meningkatkan Kesehatan Tulang
Buah cermai mengandung sejumlah nutrisi penting untuk kesehatan tulang, termasuk kalsium, fosfor, dan magnesium. Kalsium dan fosfor diperlukan untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang yang kuat, sementara magnesium membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih efisien. Dengan mengonsumsi buah cermai secara teratur, kamu dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis dan kerusakan tulang lainnya.

9. Manfaat Buat Cermai: Menjaga Kesehatan Mata
Buah cermai juga mengandung sejumlah nutrisi penting untuk kesehatan mata, termasuk vitamin A dan beta-karoten. Vitamin A diperlukan untuk kesehatan mata yang optimal, termasuk menjaga penglihatan yang baik dan mencegah masalah mata seperti rabun senja dan katarak.

Beta-karoten adalah antioksidan yang membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV berbahaya. Dengan mengonsumsi buah cermai secara teratur, kamu dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko masalah mata yang serius.

10. Manfaat Buat Cermai: Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi
Kandungan vitamin C dalam buah cermai juga bermanfaat untuk kesehatan gigi dan gusi. Vitamin C membantu memperkuat gusi dan jaringan ikat di sekitar gigi, sehingga mencegah masalah gusi seperti peradangan dan pendarahan.

Selain itu, vitamin C juga membantu mempercepat penyembuhan luka di dalam mulut dan mencegah penyakit gusi yang lebih serius. Dengan mengonsumsi buah cermai secara teratur, kamu dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi dan mengurangi risiko masalah kesehatan mulut yang serius.