zephrofeel - Masih banyak masyarakat dunia, terkhusus di Indonesia yang masih merasa asing sehingga tidak mengetahui apa itu daun mint dan apa manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh. Daun yang banyak tumbuh di benua Eropa dan Amerika Utara ini mengandung sejuta manfaat.

Namun, sebelum membahas manfaat daun mint, terlebih dahulu kita harus mengenal ciri ciri daun mint. Yuk simak artikel berikut!

Ciri Ciri Daun Mint

Nama latin daun mint, Mentha piperita L. yang juga memiliki nama lain Pepermint merupakan famili Lamiceae. Pada tahun 1753, daun ini dideskripsikan oleh Carolus Linnaeus. Dan di tahun 2004 ditetapkan sebagai tumbuhan herbal penting.

Tanaman herbal ini memiliki ciri daun yang berukuran 2,5 – 7cm x 1 – 3 cm, dengan permukaan yang berbulu, sementara bagian bawah daun licin. Bentuk daun mint sedikit bulat dengan ujung yang runcing (acutus).

Daun mint memiliki bunga dengan kelopak berukuran 2 – 2,5 mm dan terdapat daun penumpu. Panjang mahkota bunga sekitar 4,5 – 5 mm. Untuk panjang tangkai daun tanaman tradisional ini adalah 0,5 – 1 cm.

Daun mint memiliki banyak manfaat karena mengandung minyak asiri dengan kadar antara 0,5–4%. Di dalam minyak asiri ini terdapat mentol (30–55%) dan menton (14–32%). Mentol dalam daun pepermin bersifat bebas alkohol yang tersusun dari asetat dan valerat ester sebanyak 3–5%.

Di dalam tanaman herbal ini juga terdapat monoterpen lain yaitu isementon (2–10%), 1,8-cineole (6–14%), a-pinen (1–1,5%), b-pinen (1–2%), limonen (1–5%), neomentol (2,5–3,5%), dan mentofuran (1–9%).

Manfaat Daun Mint

• Mengatasi Gangguan Pencernaan

Daun mint berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan karena bersifat antibakteri dan antiseptic yang dapat meredakan sakit perut yang disertai muntah. Daun mint bekerja dengan cara merangsang produksi enzim pencernaan.

• Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh lainnya ialah meningkatkan kekebalan tubuh. Daun mint yang kaya akan fosfor, kalsium, dan vitamin seperti C, D, E, serta A dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

Cara kerja daun mint adalah dengan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, sehingga mampu mengurangi risiko penyakit kronis, seperti penyakit kencing manis, sakit jantung, atau hipertensi.

• Meredakan Sindrom Iritasi Usus Besar

Sindrom iritasi usus besar merupakan gangguan kesehatan yang memicu sakit perut, sembelit, diare, dan perut kembung. Dengan mengonsumsi daun mint dapat meringankan masalah kesehatan karena terdapat senyawa mentol yang memberikan efek relaksasi pada otot saluran pencernaan.

• Meningkatkan Fungsi Otak

Daun mint juga berpengaruh pada kesehatan otak. Dengan menghirup aroma minyak esensial dari tanaman ini dapat meningkatkan memori dan suasana hati.

• Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan tanaman herbal, daun mint merupakan salah satunya. Tanaman yang satu ini bekerja dengan meningkatkan fungsi dari pencernaan dan metabolisme tubuh untuk menjaga bobot tubuh ideal.

• Mengatasi Bau Mulut

Siapa sangka daun mint berkhasiat mengatasi masalah di dalam mulut, seperti bau mulut. Bagaimana cara mengolah daun mint? Kunyah daun mint mentah-mentah atau kamu dapat merendamnya di air bersih lalu gunakan sebagai obat kumur.

• Mencegah Keracunan Makanan

Pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan Salmonella typhi yang tidak normal dapat menyebabkan keracunan makanan. Dengan mengonsumsi daun mint, pertumbuhan bakteri tersebut dapat diatasi.

• Meningkatkan Kualitas Tidur

Apakah kamu sedang bermasalah dengan jam tidurmu? Daun mint dikenal memiliki aroma yang khas. Aroma tersebut dapat meredakan stres dan cemas, terutama bagi pengidap gangguan kecemasan dan insomnia.

• Mengurangi Nyeri Menyusui

Manfaat daun mint berikutnya sangat dibutuhkan ibu menyusui. Daun mint akan mengurangi rasa nyeri pada payudara. Cara mengolah daun mint, tumbuk daun mint, kemudian oleskan ke permukaan puting. Selain itu, ibu juga bisa memakai minyak esensial yang sudah dicampurkan dengan air.

• Mengurangi Gejala Asma

Senyawa dalam pepermint efektif meningkatkan keberhasilan pengobatan gejala asma. Beberapa kondisi yang dapat membaik menggunakan daun mint antara lain sesak napas, batuk-batuk, mengi, badan lemas, dan gelisah.

• Meredakan Gejala Premenstrual Syndrome (PMS)

Salah satu gejala PMS yang umum dialami para wanita adalah kram perut. Gangguan ini muncul karena kontraksi dari otot-otot sekitar rahim. Untuk meredakannya, kamu bisa mengonsumsi air rebusan daun ini selama tiga hari awal periode menstruasi.

• Melegakan Hidung Tersumbat

Efek antivirus, antibakteri, dan antiperadangan yang dimiliki oleh daunt mint dapat melawan virus penyebab flu dan hidung tersumbat. Selain itu, sensasi menthol menyegarkan dalam daun mint juga dapat melegakan pernapasan.

Itulah sederet manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh. Untuk saat ini daun mint sudah mudah didapatkan serta dikembangbiakkan, dan kamu bisa dengan segera mengolahnya menjadi berbagai jenis minuman herbal untuk mengatasi permasalahan-permasalah seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.