zephrofeel - Kacang edamame, yang berasal dari Asia Timur, kini telah menjadi bintang di dunia kuliner internasional. Dikenal dengan rasa lezat dan tekstur yang unik, edamame juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Glycine max, atau kacang edamame adalah kedelai yang dipetik ketika masih muda. Kata "edamame" sendiri berasal dari bahasa Jepang, di mana "eda" berarti ranting atau cabang, dan "mame" berarti kacang. Kacang ini telah menjadi bagian integral dari diet Asia Timur, terutama di Jepang, China, dan Korea, sejak berabad-abad yang lalu.

Ketika edamame pertama kali diperkenalkan ke luar Asia, khususnya ke Amerika Utara dan Eropa, popularitasnya melejit dengan cepat. Hari ini, kita dapat menemukan edamame di hampir seluruh dunia, baik di restoran kelas atas maupun di toko-toko makanan organik.

Kacang edamame umumnya dijual dalam bentuk polong yang masih terbungkus dalam kelopaknya, dan mereka dapat dimakan mentah atau dimasak terlebih dahulu.

Komposisi Nutrisi Kacang Edamame

Kacang edamame mengandung sejumlah nutrisi penting yang menyokong kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut adalah komposisi nutrisi kacang edamame per 100 gram:

• Protein: Kacang edamame adalah sumber protein yang sangat baik, menyediakan sekitar 11 gram protein per 100 gram. Protein ini esensial untuk pembentukan dan pemeliharaan jaringan tubuh.

• Serat: Edamame kaya akan serat makanan, yang membantu pencernaan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Sejumlah 5 gram serat dapat ditemukan dalam setiap 100 gram edamame.

• Vitamin dan Mineral: Edamame mengandung vitamin dan mineral penting seperti vitamin K, vitamin C, vitamin A, folat, zat besi, magnesium, dan kalium.

• Asam Lemak Omega-3 dan Omega-6: Kacang ini juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang baik untuk kesehatan jantung dan fungsi otak.

Manfaat Edamame Secara Umum

1. Sumber Protein Berkualitas Tinggi

Kacang edamame merupakan pilihan ideal bagi vegetarian dan vegan yang mencari sumber protein nabati yang lengkap. Protein yang terdapat dalam edamame memiliki semua asam amino esensial yang diperlukan tubuh.

2. Peningkatan Kesehatan Jantung

Manfaat edamame berikutnya ialah untuk kesehatan jantung. Kandungan lemak sehat, serat, dan fitonutrien dalam edamame dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mendukung kesehatan jantung, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Manajemen Berat Badan

FYI, Kacang edamame rendah kalori dan tinggi serat, menjadikannya camilan yang baik untuk membantu mengendalikan berat badan. Serat membantu memberi rasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk ngemil.

4. Mencegah Diabetes Tipe 2

Manfaat edamame juga dapat mencegah diabetes tipe 2. Konsumsi edamame dapat membantu mengatur kadar gula darah karena serat yang tinggi membantu mengendalikan penyerapan gula dari makanan.

5. Pertumbuhan Tulang yang Sehat

Kandungan vitamin K, magnesium, dan fosfor dalam edamame sangat penting untuk kesehatan tulang. Nutrisi ini membantu mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah risiko osteoporosis.

6. Antioksidan dan Perlindungan Sel

Kacang edamame mengandung antioksidan seperti vitamin C dan flavonoid yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan peradangan.

7. Dukungan pada Fungsi Otak

Asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam edamame mendukung fungsi otak yang sehat. Ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif.

Manfaat Edamame untuk Ibu Hamil

1. Sumber Protein Berkualitas Tinggi

Manfaat edamame untuk ibu hamil yang pertama yakni sebagai sumber protein tinggi. Protein sangat penting selama kehamilan karena berperan dalam pembentukan jaringan tubuh janin, seperti otot dan organ.

Edamame menyediakan protein berkualitas tinggi dengan semua asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan yang sehat.

2. Asam Folat untuk Mencegah Kelainan Tabung Saraf

Kacang edamame kaya akan asam folat, yang sangat penting dalam mencegah kelainan tabung saraf pada janin. Asam folat membantu dalam pembentukan sel-sel darah dan jaringan saraf pada awal kehamilan, yang dapat mengurangi risiko kelainan perkembangan pada sistem saraf janin.

3. Serat untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Ibu hamil sering mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit. Manfaat edamame untuk ibu hamil yakni karena mengandung serat makanan yang tinggi, membantu mencegah atau mengatasi masalah pencernaan tersebut. Serat juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat selama kehamilan.

4. Zat Besi untuk Mencegah Anemia

Kekurangan zat besi adalah masalah umum pada ibu hamil dan dapat menyebabkan anemia. Edamame adalah sumber zat besi yang baik, membantu menjaga tingkat hemoglobin dalam darah dan mencegah anemia yang dapat memengaruhi kesehatan ibu dan janin.

5. Vitamin K untuk Kesehatan Tulang dan Pembekuan Darah

Vitamin K yang terdapat dalam edamame penting untuk kesehatan tulang dan pembekuan darah yang tepat. Ini dapat membantu mencegah risiko pendarahan berlebihan selama persalinan dan mendukung perkembangan tulang yang sehat pada janin.

6. Antioksidan Perlindungan Sel

Kacang edamame mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan flavonoid, yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Selama kehamilan, perlindungan ini dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan janin dari stres oksidatif yang dapat memengaruhi perkembangan yang sehat.

7. Omega-3 dan Omega-6 untuk Pengembangan Otak Janin

Manfaat edamame untuk ibu hamil yang tak kalah pentingnya adalah merangsang perkembangan otak janin. Asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam edamame penting untuk perkembangan otak janin.

Nutrisi ini mendukung pembentukan struktur otak dan sistem saraf, memberikan kontribusi positif pada kognisi dan perkembangan janin.