zephrofeel - Ginkgo biloba adalah tanaman yang cukup unik karena merupakan satu-satunya spesies yang masih hidup dari genus Ginkgo. Tanaman ini tumbuh lambat dan dapat mencapai tinggi hingga 40 meter.

Salah satu ciri khasnya adalah daunnya yang berbentuk kipas dan memiliki dua lobus yang membagi daun tersebut menjadi dua bagian simetris. Meskipun tahan terhadap polusi, ginkgo biloba lebih memilih tumbuh di tanah subur dan lembab.

Ginkgo biloba mengandung sejumlah senyawa aktif yang memberikan manfaat kesehatan, seperti berikut:

1. Flavonoid: Ginkgo biloba mengandung flavonoid, senyawa antioksidan yang terkenal akan kemampuannya melawan radikal bebas.

2. Terpenoid: Terpenoid adalah kandungan kimia lain yang dapat ditemukan dalam Ginkgo biloba. Senyawa ini memiliki sifat antiinflamasi, membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

3. Ginkgolides: Ginkgolides merupakan kelompok senyawa yang khas hanya ditemukan dalam Ginkgo biloba. Senyawa ini memiliki sifat antiinflamasi dan dapat berkontribusi pada pengelolaan gejala asma dan masalah pernapasan lainnya.

4. Bilobalides: Serupa dengan ginkgolides, bilobalides juga termasuk dalam kelompok senyawa yang berperan dalam meningkatkan aliran darah dan memiliki efek neuroprotektif.

5. Glikosida Ginkgo: Glikosida Ginkgo adalah senyawa lain yang terdapat dalam tanaman ini. Senyawa ini dapat mempengaruhi pembuluh darah dengan melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

6. Asam Ginkgolic: Asam ginkgolic adalah senyawa yang dapat ditemukan dalam biji Ginkgo biloba. Meskipun biji ini umumnya tidak dikonsumsi karena mengandung asam ginkgolic yang dapat beracun, daun ginkgo yang digunakan sebagai sumber utama ekstrak tidak memiliki kadar asam ginkgolic yang tinggi.

Manfaat Ginkgo Biloba

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif dan Daya Ingat

Salah satu manfaat Ginkgo biloba yang paling dikenal adalah kemampuannya untuk meningkatkan fungsi kognitif dan daya ingat. Senyawa flavonoid dan terpenoid yang terkandung dalam tanaman ini dapat meningkatkan aliran darah ke otak, memperbaiki aktivitas neurotransmitter, dan melindungi sel-sel saraf, sehingga mendukung kesehatan otak secara keseluruhan.

2. Melawan Stres Oksidatif dengan Kekuatan Antioksidan

Flavonoid yang merupakan antioksidan alami dalam Ginkgo biloba membantu melawan stres oksidatif dalam tubuh. Ini berperan penting dalam melindungi sel-sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan penuaan dini dan berbagai penyakit kronis.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat ginkgo biloba dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan elastisitas dinding pembuluh darah. Ini dapat memberikan manfaat bagi mereka yang mengalami masalah sirkulasi, seperti dingin pada tangan dan kaki atau gejala gangguan peredaran darah.

4. Mendukung Kesehatan Mata

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat ginkgo biloba bagi kesehatan mata sangat bisa diandalkan. Dengan meningkatkan aliran darah ke retina, tanaman ini dapat membantu dalam mencegah atau mengurangi risiko gangguan mata terkait usia, seperti degenerasi makula.

5. Meredakan Gejala Kecemasan dan Depresi

Beberapa penelitian menyarankan bahwa Ginkgo biloba dapat memberikan efek positif pada gejala kecemasan dan depresi. Senyawa dalam tanaman ini dapat memengaruhi neurotransmitter yang terlibat dalam suasana hati, memberikan dukungan tambahan untuk kesehatan mental.

6. Membantu Menangani Gangguan Perifer dan Vertigo

Manfaat ginkgo biloba telah digunakan untuk membantu mengurangi gejala gangguan perifer, seperti kesemutan atau nyeri pada kaki dan tangan. Selain itu, tanaman ini juga diketahui dapat memberikan bantuan pada mereka yang menderita vertigo atau rasa pusing.

7. Efek Antiinflamasi

Senyawa antiinflamasi, seperti ginkgolides dan bilobalides, dalam Ginkgo biloba dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Ini dapat memberikan manfaat bagi mereka yang mengalami kondisi inflamasi, seperti arthritis.