zephrofeel - Ikan salmon telah lama menjadi primadona dalam dunia kuliner karena kelezatannya dan kandungan nutrisi yang tinggi. Ikan ini bukan hanya lezat, tetapi juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi, asam lemak omega-3, dan berbagai nutrisi penting lainnya.

Tidak hanya daging ikan salmon yang segar memberikan manfaat kesehatan, tetapi minyak ikan salmon yang diekstrak juga menjadi suplemen yang popular dan pastinya baik untuk kesehatan tubuh.

Ada banyak manfaat ikan salmon yang dibutuhkan tubuh dan wajib kamu ketahui. Namun sebelum dilanjut, jika ingin mengonsumsi daging ikan ini, kamu harus bisa membedakan ikan salmon yang layak dikonsumsi dan tak layak konsumsi. Berikut ciri-ciri fisik ikan salmon yang layak konsumsi:

  • Warna Salmon yang Cerah dan Merata: Ikan salmon yang segar memiliki daging yang cerah, mulus, dan warnanya merata. Hindari ikan salmon yang memiliki bercak atau warna yang tidak merata, karena bisa menjadi indikasi bahwa ikan tersebut sudah tidak segar.
  • Tekstur Daging yang Kenyal: Daging ikan salmon yang berkualitas memiliki tekstur yang kenyal dan padat. Sentuhan lembut pada dagingnya dapat memberikan petunjuk bahwa ikan tersebut masih segar.
  • Bau yang Segar dari Insang: Bau yang dikeluarkan oleh insang ikan salmon harus segar dan bersih. Hindari ikan yang memiliki bau amis atau tidak sedap, karena bisa menjadi tanda bahwa ikan tersebut sudah melewati masa konsumsi yang optimal.
  • Mata yang Jernih: Mata ikan salmon yang segar seharusnya bersih dan jernih. Mata yang keruh atau buram bisa menjadi tanda bahwa ikan tersebut sudah tidak segar.

Manfaat Ikan Salmon

1. Sumber Omega-3 yang Kaya

Manfaat ikan salmon yang pertama adalah meningkatkan fungsi otak. Ikan salmon merupakan salah satu sumber terbaik asam lemak omega-3, seperti EPA (asam eikosapentaenoat) dan DHA (asam dokosaheksaenoat).

Kedua jenis omega-3 ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak, dan mendukung pengembangan sistem saraf pada janin dan anak-anak.

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Manfaat ikan salmon berikutnya ialah menjaga kesehatan jantung. Kandungan omega-3 dalam ikan salmon dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Omega-3 membantu mengurangi kadar trigliserida, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), dan mengurangi peradangan dalam pembuluh darah, sehingga menjaga kesehatan jantung.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

DHA, salah satu omega-3 yang dominan dalam ikan salmon, memiliki peran penting dalam perkembangan dan fungsi otak. Konsumsi omega-3 dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan mencegah penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer.

4. Menyokong Kesehatan Mata

Manfaat ikan salmon yang lainnya adalah menjaga kesehatan mata. DHA juga penting untuk kesehatan mata, terutama retina. Mengonsumsi ikan salmon dapat membantu melindungi mata dari degenerasi makula dan berbagai masalah mata terkait usia.

5. Mencegah Peradangan dan Penyakit Autoimun

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan salmon memiliki efek antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bermanfaat untuk pencegahan berbagai penyakit autoimun, seperti arthritis rheumatoid.

Manfaat Minyak Ikan Salmon sebagai Suplemen

Selain mengonsumsi ikan salmon secara langsung, minyak ikan salmon juga menjadi pilihan sebagai suplemen. Minyak ini memberikan keuntungan tambahan, seperti kemudahan dalam penggunaan dan dosis yang terukur.

1. Sumber Omega-3 yang Praktis

Minyak ikan salmon menghadirkan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan omega-3 tanpa harus mengonsumsi ikan secara langsung. Ini cocok bagi mereka yang sulit mendapatkan asupan ikan secara teratur.

2. Dosis yang Terukur

Minyak ikan salmon tersedia dalam kemasan dengan dosis yang terukur, memungkinkan pengguna untuk mengontrol asupan omega-3 sesuai dengan kebutuhan kesehatan mereka.

3. Menyokong Kesehatan Kulit

Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan salmon juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit, membantu menjaga kelembaban, elastisitas, dan mengurangi peradangan kulit.