zephrofeel – Indonesia, dengan kekayaan alamnya, telah memberikan warisan berharga berupa rempah-rempah yang tidak hanya menambah kelezatan masakan, tetapi juga menyimpan kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu rempah yang patut diperhatikan adalah lengkuas (Alpinia galanga).

Lengkuas adalah tanaman yang tumbuh subur di wilayah tropis, khususnya di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Laos dan lengkuas merupakan tanaman yang sama. Dibeberapa daerah, lengkuas sering disebut laos.

Tanaman ini memiliki ciri khas daun yang panjang dan lebar, serta bunga yang tumbuh dalam bentuk malai. Namun, yang paling menarik dari lengkuas terdapat pada akarnya yang sering digunakan dalam dunia kuliner dan pengobatan tradisional.

Akar lengkuas memiliki kandungan yang luar biasa, sehingga memberikan manfaat kesehatan yang signifikan bagi tubuh seperti berikut ini:

  • Flavonoid: Bertindak sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas dalam tubuh.
  • Zingiberena: Senyawa yang memberikan aroma khas pada lengkuas dan memiliki efek antimikroba.
  • Minyak Atsiri: Komponen utama yang memberikan aroma harum pada lengkuas. Minyak atsiri ini juga memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi.

10 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Berikut adalah 10 manfaat lengkuas yang dapat mendukung kesehatan tubuh kamu.

1. Manfaat Lengkuas untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat lengkuas yang pertama ialah menjaga sistem kekebalan tubuh. Lengkuas kaya akan senyawa antioksidan, terutama flavonoid, yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dan mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh.

2. Manfaat Lengkuas Sebagai Antiinflamasi Alami

Kandungan zingiberena dan senyawa antiinflamasi lainnya dalam lengkuas dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Ini bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit peradangan, seperti arthritis dan penyakit autoimun.

3. Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan Pencernaan yang Sehat

Manfaat lengkuas berikutnya adalah menjaga kesehatan pencernaan. Lengkuas telah terbukti efektif dalam meredakan masalah pencernaan, termasuk kembung dan gangguan pencernaan lainnya. Senyawa-senyawa aktifnya membantu menjaga keseimbangan mikrobiota usus.

4. Manfaat Lengkuas untuk Mengatasi Flu dan Batuk

Lengkuas sering digunakan sebagai obat alami untuk meredakan gejala flu dan batuk. Kandungan antimikroba dalam lengkuas dapat membantu melawan infeksi virus dan bakteri.

5. Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lengkuas dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah.

6. Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan Tulang yang Alami

Manfaat lengkuas untuk kesehatan berikutnya yakni menjaga kesehatan tulang secara alami. Kandungan mangan dalam lengkuas mendukung kesehatan tulang, membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang yang kuat.

7. Efek Relaksasi dan Pengurang Stres

Minyak atsiri dalam lengkuas menghasilkan aroma yang dapat memberikan efek relaksasi, membantu mengurangi stres dan ketegangan.

8. Manajemen Berat Badan

Mengonsumsi lengkuas juga dipercaya dapat menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lengkuas dapat mendukung manajemen berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh.

9. Manfaat Lengkuas Sebagai Antioksidan

Kandungan antioksidan dalam lengkuas membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, mendukung kulit yang sehat dan bersinar.

10. Manfaat Lengkuas dalam Mengurangi Nyeri Otot dan Sendi

Efek antiinflamasi lengkuas dapat membantu meredakan nyeri otot dan sendi, menjadikannya solusi alami untuk masalah nyeri tubuh.

Cara Mengonsumsi Lengkuas

  • Masakan Tradisional: Tambahkan lengkuas sebagai bumbu dalam rendang, soto, atau masakan tradisional lainnya.
  • Teh Lengkuas: Rebus potongan lengkuas dalam air panas dan nikmati sebagai teh untuk kesehatan.
  • Minuman Segar: Buat minuman segar dengan mencampurkan lengkuas, jahe, dan jeruk nipis.