ZEPHROFEEL.COM – Udang adalah salah satu jenis makanan laut yang populer di seluruh dunia. Selain memiliki rasa yang lezat, udang juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. FYI, terdapat beberapa jenis udang, seperti berikut:

Udang Windu (Penaeus monodon)
Udang Vaname (Litopenaeus vannamei)
Udang Galah (Macrobrachium rosenbergii)
Udang Lobster (Nephropidae)
Udang Karang (Stenopus hispidus)
Udang Tiram (Palaemon serratus)

Selain memiliki manfaat, beberapa orang bisa saja mengalami alergi saat mengonsumsi udang. Apa penyebabnya? Apa saja manfaat mengonsumsi udang? Sebelum dilanjut, yuk cari tahu kandungan yang ada pada makanan laut ini.

Kandungan Nutrisi Udang

  • Protein Udang: Udang merupakan sumber protein yang sangat baik. Setiap 100 gram udang mengandung sekitar 24 gram protein. Protein adalah nutrisi penting yang diperlukan untuk pembentukan otot, pertumbuhan, dan perbaikan jaringan tubuh.
  • Vitamin dan Mineral: Udang mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin D, vitamin B12, seng, dan selenium. Vitamin D penting untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh, sementara vitamin B12 diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan fungsi saraf yang sehat.
  • Omega-3: Udang mengandung asam lemak omega-3, terutama EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic). Omega-3 dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk menjaga kesehatan jantung dan otak.
  • Minyak Lemak: Meskipun mengandung lemak, sebagian besar lemak dalam udang adalah lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang baik untuk kesehatan jantung.

Manfaat Udang

1. Manfaat Udang: Kandungan Protein Tinggi
Udang adalah sumber protein hewani yang kaya. Protein adalah nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk pembentukan dan perbaikan jaringan otot, kulit, dan organ tubuh lainnya. Setiap 100 gram udang mengandung sekitar 24 gram protein, menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang membutuhkan asupan protein tambahan, seperti atlet atau mereka yang sedang membangun massa otot.

2. Manfaat Udang: Asam Lemak Omega-3 untuk Kesehatan Jantung
Salah satu manfaat paling terkenal dari mengonsumsi udang adalah kandungan asam lemak omega-3 nya. Udang mengandung asam lemak omega-3, terutama EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic). Omega-3 telah terbukti memiliki efek positif pada kesehatan jantung, termasuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Mengonsumsi udang secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

3. Manfaat Udang: Sumber Mineral Penting
Udang juga mengandung sejumlah mineral penting, seperti selenium, zink, dan fosfor. Selenium adalah antioksidan yang kuat yang membantu melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Zink penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh, metabolisme, dan pertumbuhan sel-sel tubuh. Fosfor adalah mineral yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi, serta berperan dalam metabolisme energi.

4. Manfaat Udang: Rendah Kalori, Tinggi Nutrisi
Udang merupakan pilihan makanan yang rendah kalori tetapi tinggi nutrisi. Setiap 100 gram udang hanya mengandung sekitar 85 kalori, menjadikannya pilihan yang bagus untuk mereka yang ingin menjaga berat badan tetapi tetap mendapatkan nutrisi yang cukup. Meskipun rendah kalori, udang kaya akan nutrisi, seperti protein, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5. Manfaat Udang: Membantu Fungsi Otak
Asam lemak omega-3 yang terdapat dalam udang juga penting untuk kesehatan otak. DHA, salah satu jenis omega-3 yang banyak ditemukan dalam udang, merupakan komponen utama dari struktur otak dan membantu menjaga fungsi kognitif yang sehat. Konsumsi omega-3 secara teratur telah dikaitkan dengan peningkatan kognisi, daya ingat, dan konsentrasi.

6. Manfaat Udang: Menjaga Kesehatan Kulit
Nutrisi yang terdapat dalam udang juga dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Selenium, misalnya, membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan mempromosikan regenerasi sel-sel kulit yang sehat. Omega-3 juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan kulit dan kondisi seperti jerawat dan dermatitis.

7. Manfaat Udang: Sumber Antioksidan
Udang juga mengandung sejumlah antioksidan yang penting untuk kesehatan tubuh. Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Selenium, misalnya, adalah antioksidan yang kuat yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

Penyebab Alergi Udang

Alergi udang disebabkan oleh reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap protein yang terdapat dalam udang. Protein tersebut dikenal sebagai tropomyosin, dan merupakan salah satu protein utama yang terdapat dalam daging udang. Ketika seseorang yang alergi mengonsumsi udang atau terpapar dengan partikel udang, sistem kekebalan tubuhnya menganggap protein tropomyosin sebagai ancaman dan merespons dengan memproduksi antibodi yang disebut imunoglobulin E (IgE).

Setiap kali seseorang yang alergi mengonsumsi udang, IgE tersebut akan melepaskan zat-zat kimia, seperti histamin, yang menyebabkan timbulnya gejala alergi. Faktor genetik juga dapat memainkan peran dalam perkembangan alergi udang, karena kecenderungan untuk mengalami alergi dapat diwarisi dari orang tua ke anak.

Gejala Alergi Udang

Gejala alergi udang dapat bervariasi mulai dari ringan hingga parah, dan dapat memengaruhi berbagai sistem tubuh. Beberapa gejala umum yang terkait dengan alergi udang meliputi:

Ruam Kulit

Ruam kulit, gatal, dan kemerahan adalah gejala umum yang sering terjadi pada alergi makanan, termasuk alergi udang. Ruam dapat muncul di bagian tubuh mana pun yang terpapar dengan udang atau produk yang mengandung udang.

Gangguan Pencernaan

Beberapa orang dengan alergi udang dapat mengalami gangguan pencernaan seperti mual, muntah, diare, atau sakit perut setelah mengonsumsi udang.

Gangguan Pernapasan

Gejala pernapasan seperti bersin, hidung tersumbat, batuk, atau sesak napas dapat terjadi pada orang yang alergi udang, terutama jika mereka terpapar dengan partikel udang yang terbang di udara, seperti uap rebusan udang.

Pembengkakan

Reaksi alergi yang lebih parah dapat menyebabkan pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan, yang dapat mengganggu pernapasan dan memerlukan perawatan medis segera.

Syok Anafilaksis

Ini adalah reaksi alergi yang paling serius dan potensial mengancam jiwa. Syok anafilaksis dapat terjadi dalam hitungan menit setelah terpapar dengan udang dan membutuhkan perawatan medis darurat segera. Gejalanya meliputi penurunan tekanan darah, pusing, pingsan, dan kesulitan bernapas.