zephrofeel – Indonesia, sebagai negara agraris, kaya akan ragam jenis bahan makanan. Salah satu makanan yang saat ini tengah popular karena diperkenalkan kembali oleh salah satu Foodvloger Indonesia, Farida Nurhan adalah nasi jagung atau sego jagung.

Nasi jagung memiliki sejarah panjang yang mencerminkan keberagaman budaya Indonesia. Jagung, tanaman asal Amerika, diperkenalkan di Indonesia oleh bangsa Eropa pada masa penjajahan. Seiring waktu, jagung diadaptasi ke dalam masakan lokal dan menjadi salah satu bahan utama nasi jagung yang kini sangat populer di seluruh negeri.

Nasi jagung bukan hanya lezat tetapi juga memiliki beberapa kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Mau tahu apa saja kandungan nasi jagung dan manfaat nasi jagung? Yuk simak artikel berikut.

Kandungan Nasi Jagung

  • Karbohidrat Kompleks: Nasi jagung menjadi sumber utama karbohidrat kompleks, yang memberikan energi tahan lama untuk kegiatan sehari-hari.
  • Serat Tinggi: Salah satu keunggulan nasi jagung adalah kandungan serat tingginya. Serat sangat penting untuk kesehatan pencernaan, membantu mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus.
  • Protein Seimbang: Meskipun tidak sebanyak pada sumber protein hewani, nasi jagung tetap menyediakan jumlah protein yang cukup untuk mendukung fungsi tubuh.
  • Vitamin B Kompleks: Nasi jagung mengandung vitamin B kompleks, seperti B1 (tiamin), B2 (riboflavin), dan B3 (niacin.
  • Mineral Esensial: Kandungan mineral dalam nasi jagung meliputi magnesium, fosfor, dan selenium.
  • Antioksidan dari Pigmen Tanaman: Jagung, bahan utama nasi jagung, mengandung berbagai pigmen tanaman yang memiliki sifat antioksidan.
  • Kaya akan Asam Folat: Asam folat atau vitamin B9 yang terdapat dalam nasi jagung sangat penting, terutama bagi ibu hamil karena dapat mencegah kelainan pada janin.
  • Rendah Lemak dan Kalori: Salah satu keunggulan nasi jagung adalah kandungan lemak dan kalorinya yang rendah. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk mereka yang memperhatikan asupan kalori dalam diet sehari-hari.

Jumlah Kalori Nasi Jagung

Meskipun nasi jagung kaya akan gizi, tetapi penting untuk memahami jumlah kalorinya. Jumlah kalori nasi jagung dalam satu porsi adalah sekitar 150 kalori, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk mereka yang memperhatikan asupan kalori dalam diet mereka. Kandungan serat yang tinggi juga membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama, membantu dalam pengendalian berat badan.

Manfaat Nasi Jagung untuk Kesehatan

1. Manfaat Nasi Jagung sebagai Sumber Energi

Manfaat nasi jagung yang utama adalah menjadi sumber energy yang berkualitas. Nasi jagung mengandung karbohidrat kompleks, yang memberikan sumber energi tahan lama. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk menjaga stamina sepanjang hari.

2. Manfaat Nasi Jagung untuk Pencernaan

Tingginya kandungan serat dalam nasi jagung membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, menjaga keseimbangan bakteri usus, dan mendukung proses pencernaan.

3. Manfaat Nasi Jagung untuk Kesehatan Tulang

Kandungan fosfor dalam nasi jagung berperan penting dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang. Hal ini mendukung kesehatan sistem rangka dan gigi.

4. Manfaat Nasi Jagung untuk Metabolisme Energi

Nasi jagung mengandung vitamin B kompleks seperti tiamin, riboflavin, dan niacin, yang berperan dalam metabolisme energi. Vitamin B juga mendukung kesehatan kulit, mata, dan sistem saraf.

5. Manfaat Nasi Jagung sebagai Antioksidan

Jagung sebagai bahan utama nasi jagung mengandung pigmen tanaman yang memiliki efek antioksidan. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

6. Manfaat Nasi Jagung untuk Kesehatan Jantung

Kandungan serat, magnesium, dan antioksidan dalam nasi jagung dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat membantu mengatur kolesterol, sementara magnesium mendukung fungsi otot jantung.

7. Manfaat Nasi Jagung untuk Kesehatan Sel

Nasi jagung mengandung asam folat yang penting untuk kesehatan sel dan pembentukan DNA. Ini membuatnya menjadi pilihan baik, terutama untuk ibu hamil.

Cara Membuat Nasi Jagung alias Sego Jagung

Bahan-Bahan:

  • 2 gelas jagung pipilan (dapat menggunakan jagung segar atau kalengan)
  • 1 gelas tepung jagung
  • 2 gelas air
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  • Persiapkan Jagung: Jika menggunakan jagung segar, pipil jagung dari bongkolnya. Jika menggunakan jagung kalengan, tiriskan dan bilas jagung.
  • Proses Penggilingan Jagung: Haluskan jagung menggunakan blender atau food processor hingga membentuk adonan kasar.
  • Perebusan Adonan Jagung: Masak adonan jagung dengan air dan garam dalam panci hingga mendidih. Aduk secara teratur agar adonan tidak menggumpal.
  • Penambahan Tepung Jagung: Setelah mencapai keadaan mendidih, tambahkan tepung jagung sambil terus diaduk hingga adonan mengental dan matang.
  • Penyajian: Setelah adonan matang, angkat dan sajikan nasi jagung hangat. Nasi jagung siap dinikmati bersama hidangan kesukaan keluarga.