zephrofeel – Penyakit asam urat merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat. Penyakit ini terkait dengan penumpukan kristal asam urat di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan peradangan pada sendi dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Ada beberapa obat asam urat alami yang direkomendasikan untuk para penderita asam urat, untuk meredakan rasa sakitnya. Namun sebelum itu, ada baiknya dibahami dulu apa penyebab asam urat, ciiri-ciri, hingga pantangan asam urat. Yuk tetap simak artikel berikut.

Penyebab Asam Urat

Asam urat adalah hasil dari pemecahan purin, suatu senyawa yang ditemukan dalam makanan dan juga diproduksi oleh tubuh. Asam urat yang berlebihan dapat menyebabkan pembentukan kristal yang menumpuk di sendi, jaringan, dan organ, menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena asam urat meliputi:

  • Genetika: Riwayat keluarga yang memiliki masalah asam urat dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ini.
  • Polanya Makan: Konsumsi makanan tinggi purin seperti daging merah, makanan laut, dan alkohol dapat meningkatkan kadar asam urat.
  • Obesitas: Kelebihan berat badan dapat meningkatkan produksi asam urat dan menghambat pengeluarannya.
  • Penyakit Metabolik: Kondisi seperti diabetes dan tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko asam urat.

Ciri Ciri Asam Urat

1. Nyeri pada Sendi
Nyeri pada sendi merupakan gejala utama asam urat. Terutama, sendi yang sering terkena adalah sendi di jari kaki, lutut, siku, dan pergelangan tangan. Nyeri ini dapat muncul secara tiba-tiba dan intensitasnya bervariasi, dari nyeri ringan hingga nyeri yang sangat parah.

2. Bengkak dan Kemerahan
Sendi yang terkena asam urat cenderung mengalami bengkak, kemerahan, dan panas. Bengkak dapat terjadi akibat peradangan yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di dalam sendi.

3. Kesulitan Gerakan pada Sendi
Penderita asam urat dapat mengalami kesulitan dalam melakukan gerakan pada sendi yang terkena. Pembengkakan dan rasa sakit dapat membatasi rentang gerak normal pada sendi, mengakibatkan ketidaknyamanan dalam aktivitas sehari-hari.

4. Tophi
Tophi merupakan benjolan keras yang dapat terbentuk di sekitar sendi atau jaringan lunak. Benjolan ini merupakan akumulasi dari kristal asam urat yang menumpuk dalam jangka waktu lama. Tophi dapat terasa keras dan menyakitkan.

5. Nyeri saat Menyentuh Sendi Terkena
Sendi yang terkena asam urat seringkali sangat sensitif dan nyeri saat disentuh. Sentuhan ringan saja dapat menyebabkan rasa sakit yang intens pada bagian yang terkena.

6. Perubahan pada Kulit
Selain gejala pada sendi, asam urat juga dapat memengaruhi kulit di sekitar sendi yang terkena. Kulit di area tersebut dapat terlihat merah dan mengalami perubahan tekstur.

7. Demam
Pada beberapa kasus, penderita asam urat dapat mengalami demam ketika terjadi serangan yang parah. Demam ini biasanya disertai dengan gejala lain seperti menggigil dan kelelahan.

Pantangan Asam Urat

Penderita asam urat sering kali dianjurkan untuk menghindari beberapa jenis makanan dan minuman tertentu agar dapat mengelola kadar asam urat dalam tubuh. Berikut daftar pantangan asam urat:

1. Makanan Tinggi Purin
Makanan yang tinggi purin dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Oleh karena itu, penderita asam urat sebaiknya menghindari makanan seperti daging merah, hati, makanan laut seperti udang dan cumi, serta makanan olahan yang mengandung banyak purin.

2. Alkohol
Konsumsi alkohol dapat memicu peningkatan kadar asam urat dan menghambat pengeluarannya dari tubuh. Oleh karena itu, penderita asam urat sebaiknya membatasi atau menghindari alkohol, terutama bir dan minuman beralkohol lainnya.

3. Minuman Berkafein
Minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh, sebaiknya dikonsumsi dengan bijak. Kafein dapat mempengaruhi kadar asam urat dalam tubuh, sehingga sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang moderat.

4. Gula dan Lemak Berlebih
Penderita asam urat sebaiknya menghindari konsumsi gula berlebih dan makanan yang tinggi lemak, terutama lemak jenuh. Makanan tinggi gula dan lemak dapat menyebabkan peningkatan berat badan, yang dapat memperburuk kondisi asam urat.

5. Sayuran Tinggi Oksalat
Meskipun sebagian besar sayuran dianjurkan untuk penderita asam urat, ada beberapa sayuran yang tinggi oksalat yang sebaiknya dihindari. Contohnya adalah bayam, asparagus, dan kembang kol. Namun, konsumsi sayuran lain yang rendah purin tetap dianjurkan.

6. Makanan dan Minuman Manis
Makanan dan minuman yang tinggi gula tambahan sebaiknya dihindari. Gula tambahan dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan dan risiko diabetes, yang dapat memperburuk kondisi asam urat.

7. Permen dan Minuman Bersoda
Minuman bersoda dan makanan manis sering kali mengandung sirup fruktosa tinggi. Fruktosa dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Oleh karena itu, penderita asam urat disarankan untuk membatasi konsumsi permen dan minuman bersoda.

Obat Asam Urat Alami

Beberapa bahan alami yang dapat ditemukan di dapur dapat membantu mengurangi gejala asam urat dan mengelola kadar asam urat dalam tubuh. Berikut adalah beberapa obat asam urat alami yang bisa dicoba:

1. Cuka Apel
Cuka apel diyakini memiliki efek alkalin yang dapat membantu menetralkan asam urat dalam tubuh. Campurkan satu hingga dua sendok makan cuka apel organik ke dalam segelas air hangat. Minum campuran ini secara teratur untuk membantu mengontrol kadar asam urat.

2. Jahe
Obat asam urat yang terpenting ialah Jahe. Jahe memiliki sifat antiinflamasi alami yang dapat membantu meredakan peradangan pada sendi yang terkena asam urat. Kamu dapat menambahkan jahe segar ke dalam teh atau menyertakannya dalam masakan sehari-hari.

3. Kurkumin (Kunyit)
Obat asam urat alami lainnya adalah kunyit. Kurkumin, senyawa aktif dalam kunyit, memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi. Tambahkan kunyit ke dalam masakan atau nikmati dalam bentuk suplemen setelah berkonsultasi dengan dokter.

4. Jeruk Nipis
Jeruk nipis mengandung vitamin C yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Peras jeruk nipis ke dalam segelas air hangat dan minum setiap hari untuk mendukung kesehatan sendi.

5. Minum Air Putih
Obat asam urat alami yang sangat gampang dijumpai adalah air putih. Air putih membantu mengurangi kadar asam urat dengan meningkatkan pengeluarannya melalui urine. Pastikan untuk minum cukup air setiap hari, minimal 8 gelas atau lebih, untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

6. Buah Ceri
Buah ceri atau jus ceri dapat membantu mengurangi peradangan dan kadar asam urat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah ceri secara teratur dapat membantu mengurangi serangan asam urat.

7. Bawang Putih
Bawang putih juga berperan menjadi obat asam urat alami. Bawang putih memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan. Tambahkan bawang putih ke dalam masakan atau konsumsi dalam bentuk suplemen setelah berkonsultasi dengan dokter.

8. Sayuran Hijau
Obat asam urat alami lainnya adalah sayuran hijau. Sayuran hijau seperti bayam dan kale memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat. Namun, perlu diingat bahwa sebaiknya dikonsumsi dengan bijak karena beberapa sayuran hijau mengandung purin.